Programme Period: July-October 2018
Team: Klara Esti, M. Rinaldi Camil, Fildza Malifa Setiabudi, Dinita Andriani Putri
Secara spesifik, Bekraf melihat bahwa Intellectual Property Marketing dan Showcasing (pusat ekshibisi dan promosi produk kreatif) sebagai dua instrumen strategis dalam penciptaan nilai tambah produk dan jasa sektor kreatif, terutama dalam konteks pemasaran luar negeri. Bahkan, upaya-upaya yang terkait dengan Intellectual Property Marketing dirasakan masih sangat terbatas. Padahal, instrumen ini tidak hanya akan menyokong pengembangan pasar luar negeri, namun juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan di dalam negeri.
Kajian ini bertujuan untuk menyokong perumusan kebijakan terkait Intellectual Property Marketing dan Showcasing (pusat ekshibisi dan promosi produk kreatif), termasuk mengidentifikasi best practices dari implementasi strategi pemasaran yang telah dilakukan, benchmarking dan analisis kebijakan yang telah ada, serta menyediakan agenda perubahan. Termasuk dalam langkah terakhir adalah menyajikan rekomendasi langkah-langkah implementasi yang dibutuhkan, mendefinisikan peran para aktor, hingga memperkuat kolaborasi antar-aktor terkait dengan Intellectual Property Marketing dan Showcasing.