CIPG-CARES merupakan survei daring resmi yang dirilis oleh Centre for Innovation and Governance (CIPG) bekerja sama dengan Asian Development Bank (ADB) dan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP). Dalam kegiatan ini, CIPG menunjuk Southsea R&E sebagai tim pelaksana penyelenggaraan kegiatan survei.
Tujuan dari survei ini adalah untuk mengumpulkan informasi dari penerima manfaat Program Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan minimal 1 (satu) pelatihan dan menerima insentif pascapelatihan di Provinsi Jawa Barat. Survei ini merupakan bagian dari studi “Penilaian Dampak Program Covid-19 Active Response and Expenditure Support (CARES) di Indonesia” yang mengevaluasi dampak dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami dampak sosial, ekonomi, dan perubahan perilaku yang dirasakan oleh penerima manfaat, serta memberi pertimbangan perbaikan program PEN, termasuk perbaikan dalam konteks pascapandemi.
Apabila Anda telah menerima pesan SMS atau WhatsApp yang mengatasnamakan lembaga Southsea R&E dari nomor +62-857-9415-2159 atau nomor +62-8820-0092-1468 dengan pesan untuk mengisi survei CIPG-CARES, kami harap Anda dapat berpartisipasi dan segera menyelesaikan survei. Kami menyediakan kompensasi sebesar Rp100.000,- (seratus ribu rupiah) berupa pulsa/saldo e-wallet/transfer dana ke rekening bagi 385 responden pertama yang mengisi survei secara lengkap.
Jawaban Anda dalam survei ini dijamin kerahasiaannya dan hasil dari survei akan diolah secara agregat. Survei ini tidak akan mempengaruhi peluang Anda untuk dipilih sebagai penerima program/bantuan sosial pemerintah Indonesia di masa mendatang. Kami mohon kerja sama Anda untuk tidak menyebarluaskan tautan survei yang diterima. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau menemukan kendala dalam pengisian survei, silakan menyampaikannya kepada tim survei melalui trisha.indraswari@cipg.or.id dengan judul email “CIPG-CARES_Pertanyaan dan Kendala” atau melalui WA/SMS ke +62-8810-2253-0767. Biaya pengiriman WhatsApp/SMS ditanggung oleh pengirim pesan.
Frequently Asked Questions
1. Siapa saja yang dapat mengisi Survei CIPG-CARES ini?
Survei ini hanya dapat diisi oleh sejumlah individu yang telah dipilih dan menerima pesan SMS atau WhatsApp dari “Southsea R&E” mengenai pengisian survei CIPG-CARES. Ketika meng-klik tautan survei yang ada di SMS/WhatsApp, sistem akan melakukan proses verifikasi untuk melihat apakah pengisi survei merupakan individu yang terpilih untuk menerima SMS/WhatsApp. Apabila tidak terverifikasi, Anda tidak dapat melanjutkan pengisian survei dan tidak dapat menerima kompensasi atas waktu yang digunakan untuk pengisian survei. Kami harap Anda yang menerima SMS/WhatsApp pengisian survei TIDAK menyebarluaskan tautan survei ini karena tidak ada manfaatnya bagi orang lain yang tidak terverifikasi.
2. Bagaimana cara mengisi CIPG-CARES ini?
CIPG-CARES ini hanya dapat diisi oleh individu yang menerima pesan SMS/WhatsApp dari “Southsea R&E” terkait pengisian survei CIPG-CARES. Ketika meng-klik tautan yang ada di dalam SMS/WhatsApp tersebut, Anda akan langsung terhubung ke laman pengisian survei. Anda harus menyelesaikan survei hingga klik tombol ‘simpan’ atau ‘Submit’, agar data Anda tersimpan secara sempurna. Dalam proses pengisian survei ini, Anda dapat menyimpan jawaban untuk kemudian dilanjutkan di waktu lain. Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat melanjutkan pengisian survei dengan menggunakan perangkat elektronik yang sama dan dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Kami harap Anda menyelesaikan survei CIPG-CARES ini sesuai rentang waktu yang ditentukan agar dapat menerima pembayaran kompensasi atas waktu yang digunakan untuk pengisian survei.
3. Apabila saya tidak menerima pesan SMS atau WhatsApp dari Southsea R&E, apakah saya tetap dapat mengisi survei CIPG-CARES?
Tidak. Survei CIPG-CARES hanya dapat diisi oleh individu yang menerima secara langsung pesan SMS atau WhatsApp dari Southsea R&E. Apabila Anda tidak menerima SMS/WhatsApp secara langsung tetapi menerima tautan survei dari orang lain dan mengisinya, maka Anda tidak akan terverifikasi dan tidak akan dapat menerima kompensasi. Kami infokan sekali lagi bahwa survei ini dirilis oleh CIPG sebagai lembaga independen dan bukan merupakan bagian dari institusi yang menangani bantuan sosial Pemerintah.
4. Apakah ada tenggat waktu pengisian CIPG-CARES ini? Bagaimana jika saya mengisi survei melewati tenggat waktu tersebut?
Ada. Survei CIPG-CARES ini hanya dapat diisi dalam rentang waktu tertentu dan Anda akan menerima notifikasi melalui SMS/WhatsApp untuk mengisi survei sebelum tenggat waktu. Di luar rentang waktu tersebut, tautan survei akan akan menjadi tidak aktif dan Anda tidak dapat menerima kompensasi.
5. Apakah betul ada kompensasi atas pengisian Survei CIPG-CARES ini? Bagaimana cara menerima kompensasi tersebut?
Benar. Apabila Anda terverifikasi dan telah menyelesaikan survei, Anda akan menerima kompensasi sesuai dengan jumlah minimum yang tertera pada SMS/WhatsApp yang Anda terima, atas waktu yang digunakan untuk pengisian survei. Informasi mengenai pembayaran kompensasi akan tersedia ketika Anda membuka tautan survei di SMS/WhatsApp yang Anda terima. Kompensasi ini akan diberikan bagi 385 responden pertama yang mengisi survei secara lengkap.
Catatan: Individu yang dapat menerima kompensasi ini terbatas pada individu yang telah menerima pesan SMS atau WhatsApp dari Southsea R&E untuk mengisi survei CIPG-CARES, telah terverifikasi, dan telah menyelesaikan survei CIPG-CARES.
6. Pembayaran kompensasi Survei CIPG-CARES dikirimkan melalui apa?
Saat mengisi survei CIPG-CARES ini, Anda akan diminta memilih metode penerimaan kompensasi, yaitu melalui top-up e-wallet atau top-up pulsa atau transfer dana ke rekening. Silakan isi pilihan metode penerimaan kompensasi yang Anda inginkan dengan lengkap. Pembayaran kompensasi akan dicairkan paling lambat 10 hari kerja setelah Anda selesai mengisi survei secara lengkap.