M. Rinaldi Camil

Indonesia Cultural Cities Profile

The Indonesian Cultural Cities Profile reports aim to provide information and an overview of fourteen Indonesian cities, outlining their cultural diversity, population, heritage, assets and policies. The reports provide introductory information on the cities’ history, demographics and unique cultural practices, including the nature and scale of cultural, creative and digital policies and economy that exists…

Reformasi Tata Kelola Pendanaan: Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Skema Pendanaan Kementerian Ristek/BRIN

This report only available in Bahasa Indonesia. The summary is taken from KSI Indonesia website. Studi ini bertujuan mengulas dan menyintesiskan stok pengetahuan yang membahas perbaikan tata kelola pendanaan riset dan inovasi di Indonesia, menelaah hasil rekomendasi kebijakan yang belum ditindaklanjuti, serta menyusun usulan tindak lanjut perbaikan tata kelola penelitian dan inovasi berdasarkan stok pengetahuan…

Potensi Pendanaan Riset Berorientasi Kebijakan di Sektor Swasta

This report only available in Bahasa Indonesia. The summary is taken from KSI Indonesia website. Perencanaan pembangunan dan kebijakan publik merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan mengingat pentingnya peran kebijakan sebagai faktor pendorong terciptanya iklim kondusif bagi pembangunan nasional. Namun, peningkatan kualitas kebijakan publik di Indonesia tidak akan tercapai apabila tidak didukung oleh proses…

[IPG Talks] Iptek, Riset, dan Inovasi dalam UU Cipta Kerja

Undang-Undang (UU) Cipta Kerja atau Omnibus Law Cipta Kerja telah resmi disahkan pemerintah. Salah satu klaster yang terdapat dalam UU Cipta Kerja menyentuh perihal iptek, riset, dan inovasi. Telaah menyeluruh terhadap dampak UU Cipta Kerja pada iptek, riset, dan inovasi perlu dilakukan untuk memberikan gambaran dan menjadi basis pertukaran wawasan dalam upaya pengembangan ekosistem pengetahuan…

Di Balik Fenomena Buzzer: Memahami Lanskap Industri dan Pengaruh Buzzer di Indonesia

Dengan pengguna aktif mencapai 106 juta dan pertumbuhan pengguna aktif mencapai 34% (We Are Social, 2016), media sosial di Indonesia tumbuh menjadi pasar yang menarik secara ekonomis maupun politis. Peluang meraup untung maupun menggaet massa ini lantas dimanfaatkan oleh berbagai aktor, mulai dari industri periklanan hingga para pemain politik. Para pelaku ini menyuarakan kepentingannya dengan…

Scroll to top