Programme Period: September 2013-May 2014
Dewasa ini, komunikasi politik tidak dapat dipisahkan dari keberadaan media; baik media massa arus utama semacam televisi, media cetak, dan radio; media papan reklame (billboard); maupun adaptasi media baru berbasis Internet. Dalam konteks Indonesia, ingar bingar politik dan partai politik menjelang Pemilihan Umum 2014 terlihat amat kentara di aneka etalase media hari-hari ini. Penggunaan strategi komunikasi penting bagi partai politik untuk menyediakan kerangka informasi yang mampu merangkul publik tetap well informed terkait agenda, ideologi, program, serta visi partai.
Oleh karena itu kami menganggap penting untuk melihat strategi komunikasi partai-partai politik menjelang 2014, khususnya bagaimana partai-partai politik menggunakan media dalam pemasaran informasi kepada publik. Dengan adanya pemetaan strategi komunikasi politik, diharapkan publik dapat mengerti bagaimana partai politik berkomunikasi melalui media, sehingga publik dapat lebih kritis lagi melihat pelanggaran komunikasi partai politik di media.