Alt Banner 1

Peluncuran riset: Imaji dalam Sekat Media

Hingga kini, media, utamanya televisi, masih gemar menampilkan realitas sosial secara timpang atau tidak utuh. Meski demikian, kritik yang menyoroti konten televisi pun terkadang hanya melihat dari satu dimensi. Atas dasar itu, riset ini mencoba untuk menggunakan pendekatan baru dalam menelaah televisi sebagai media dengan penetrasi tertinggi dalam masyarakat Indonesia.

Ada tiga permasalahan besar yang ingin dikupas, yaitu:
– proses produksi konten media,
– proses konsumsi konten media
– hubungan antara proses produksi dan konsumsi konten media tersebut.

Warna utama dari riset ini terletak pada metodologinya:
Dalam hal produksi, kami mengobservasi berbagai aktor yang berperan dalam produksi konten : Pengiklan, creative agency, advertising agency, media strategist, pemilik stasiun TV, rating agency, production house, hingga para floor director.

Dalam hal konsumsi, kami hidup bersama mereka yang selama ini hanya dihitung sebagai angka: 12 keluarga yang tersebar di tanah air yang menjadi contoh konsumen televisi. Riset etnografi kami lakukan sebagai berikut:

Jabodetabek : 4 keluarga
Bandung : 2 keluarga
Karawang : 2 keluarga
Kupang : 2 keluarga
Ende : 2 keluarga

Peluncuran riset ini menjadi kesempatan bagi kami untuk menceritakan kembali kisah-kisah yang tidak pernah terangkat ketika bicara televisi. Karena, adalah penting bagi kita untuk mengenal celah perubahan, mengingat bagi sebagian besar masyarakat kita, TV masih merupakan saluran utama informasi dan hiburan.

Akhir kata, CIPG mengundang kawan-kawan sekalian untuk turut meramaikan acara yang akan dihadiri oleh para pelaku industri dan pemangku kepentingannya lainnya sebagai penanggap.

Catat tanggal, waktu, dan tempatnya, Kawan! Jangan sampai lupa…

SABTU, 22 AGUSTUS 2015
Pkl. 13.30-16.00 WIB
FUNCTION ROOM – USMAR ISMAIL HALL
Gd. Pusat Perfilman H. Usmar Ismail
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C-22
Kuningan, Jakarta Selatan

Mari ramaikan dan sampai jumpa!

 

 

 

Share this post