Buzzer Medsos

Di Balik Fenomena Buzzer: Memahami Lanskap Industri dan Pengaruh Buzzer di Indonesia

Media sosial tumbuh menjadi pasar yang menarik secara ekonomis maupun politis. Peluang meraup untung maupun menggaet massa ini lantas dimanfaatkan oleh berbagai aktor, mulai dari industri periklanan hingga para pemain politik. Para Pelaku ini menyuarakan kepentingannya dengan kicauan berbayar. Konon, pengicaunya adalah tokoh yang dinilai punya pengaruh – atau yang belakangan ini kerap disebut dengan istilah buzzer. Selama tahun  2017, Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG) telah melakukan penelitian “Di Balik Fenomena Buzzer: Memahami Lanskap Industri dan Pengaruh Buzzer di Indonesia”.

Dalam rangka mempertanggungjawabkan hasil penelitian tersebut, CIPG bermaksud mengadakan diskusi publik pada:

Hari, tanggal : Selasa, 31 Oktober 2017
Waktu : 18.00 – 20.20 WIB
Tempat : Ke:Kini Ruang Bersama (Jalan Cikini Raya No.45, Cikini, Jakarta Pusat)

Sesi presentasi akan mengulas hasil riset, meliputi:
1. proses pembentukan buzzer
2. karakteristik umum buzzerr
3. bagaimana buzzer mempengaruhi opini publik.

Turut hadir tiga narasumber akan mengulas soal lanskap industri buzzer di tanah air beserta implikasinya terhadap demokrasi dan opini publik.

1. Ismail Fahmi – Founder Media Kernels Indonesia
2. Enda Nasution –
Koordinator Gerakan #BijakBersosmed
3. Nurulloh –
Content & Product Asst. Manager Kompasiana

Share this post